PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM MODULASI DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstrak: Dalam mempelajari materi sistem modulasi tidak bisa dilakukan hanya dengan menerima teori saja. Karena akan sangat sulit apabila mahasiswa hanya membayangkan dan tidak secara langsung menerapkan teori pada sebuah peralatan nyata. Inilah tujuan dari pengembangan media pembelajaran trainer sistem modulasi sebagai aternatif alat peraga yang layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran  mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop & Desseminate). Namun dalam kenyataannya tahap penyebaran (desseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan penelitian. Untuk mengetahui tingkat kelayakan media trainer dan jobsheet dilihat dari nilai rata-rata validasi dari para ahli. Kemudian dilakukan uji coba terbatas serta diberikan angket respon kepada 20 orang mahasiswa Prodi S1 Teknik Elekto 2013, untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan.
Hasil penelitian berupa trainer sistem modulasi yang dinilai baik dengan hasil rat-rata rating validasi sebesar 81,56%, sedangkan jobsheet dinilai baik dengan hasil rata-rata rating validasi sebesar 83,08%. Respon mahasiswa pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam media trainer dan jobsheet dinilai sangat baik dengan hasil sebesar 83,6%. Jadi media pembelajaran trainer sistem modulasi dan jobsheet valid dan layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran  mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Trainer Sistem Modulasi, Jobsheet, Model Pengembangan 4-D, Sistem Modulasi
Penulis: Novi Eko Wahyudi, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150477

JURNAL BERHUBUNGAN: