PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PLC UNTUK APLIKASI KONTROL OTOMATIS PINTU AIR SUNGAI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KONTROL TERPROGRAM DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang mengaitkan pelajaran yang diterima siswa disekolah dengan kondisi sebenarnya. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di SMKN 3 Surabaya media pembelajaran trainer PLC  yang ada hanya sebatas pengaturan LED Sedangkan siswa SMK dituntut untuk mampu mengembangkan pengetahuannya secara aplikatif sesuai dengan pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tahapan: 1) Analisi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk & 7) Analisa dan pelaporan. Untuk mengetahui kelayakan trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai dan jobsheet yang telah dibuat diperoleh dari hasil validasi oleh 5 validator dan respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media tersebut.
Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, penilaian dari validator terhadap media trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai pada semua aspek dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 86%, dan penilaian terhadap media jobsheet pada semua aspek dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating 83,3%. Respon siswa pada semua aspek yang terdapat dalam media trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai dan jobsheet dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 79,1%. Hal ini memperlihatkan bahwa  trainer PLC kontrol otomatis pintu air sungai dan jobsheet yang di hasilkan layak untuk dipakai sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan trainer dan jobsheet, R&D, PLC
Penulis: Muslih, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150469

JURNAL BERHUBUNGAN: