PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KOMUNIKASI DATA SINYAL DIGITAL ANTAR PERALATAN ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Abstrak: Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu sarana pendukung pembelajaran di SMK Negeri 2 Lamongan, khususnya pada jurusan  Teknik Elektronika Industri. Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk alat bantu yang didukung berbagai komponen seperti teks, suara, gambar dan video pendukung pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuat media yang valid berupa media pembelajaran, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran, (3) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain media pembelajaran, (4) tahap validasi media pembelajaran, (5) tahap revisi media pembelajaran, (6) tahap uji coba media pembelajaran, (7) tahap analisa dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah kelas X-TEI SMK Negeri 2 Lamongan. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study dimana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel tanpa ada sampel kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode tertulis.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang telah divalidasi dengan mendapatkan rating skor RPP sebesar 77,31% yang masuk kategori valid, butir soal sebesar 80,20% yang masuk kategori valid, dan media sebesar 88,88% yang masuk kategori sangat valid. Hasil ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa 32 siswa telah memenuhi kriteria kelulusan dan 4 siswa dari 36 siswa tidak tuntas. Sehingga media tersebut sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media, Multimedia, R&D, Ketuntasan Belajar
Penulis: Muhammad Wahid Sulaiman, Munoto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160092

JURNAL BERHUBUNGAN: