PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI MODEL ATOM BAHAN SEMIKONDUKTOR DI SMKN NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

Abstrak: Penelitian pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis schoology ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis schoology yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran memahami model atom bahan semikonduktor, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran memahami model atom bahan semikonduktor.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan metode model Research & Development (R&D) dalam bidang pendidikan. Pengembangan media ini ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bermanfaat untuk proses belajar mengajar. Pengembangan akan difokuskan pada media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto dinyatakan sangat baik, dengan hasil rating 82,26%. Dengan rata-rata hasil rating penilaian validasi terhadap media pembelajaran e-learning berbasis schoology sebesar 82,26% dinyatakan sangat baik. Berdasarkan penelitian respon siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor mendapat respon positif dari siswa. Dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 83.30% yang dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci: Media e-learning, Schoology, Research and Development (R&D), Respon siswa
Penulis: Benny Widiantoro, Lusia Rakhmawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150354

JURNAL BERHUBUNGAN: