PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COURSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO PADA MATA KULIAH MESIN ARUS SEARAH DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman materi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dengan metode ceramah dan adanya dukungan fasilitas wifi yang belum dimaksimalkan penggunaannya dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran mesin arus searah setelah menggunakan media pembelajaran e-course di Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini mengacu pada model of instructional development yang dikembangkan oleh Peter F. Fenrich. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2014 semester genap yang terdiri atas 30 mahasiswa di jurusan  Teknik Elektro Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar mahasiswa (ranah kognitif). Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t Test untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran e-course. Uji gaint untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran e-course, dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap media digunakan lembar angket respon mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ranah kognitif didapatkan bahwa  - thitung< - ttabel (-20,029<2,045) dengan derajat kebebasan (df) = 30-1. Hasil belajar ranah afektif dengan nilai rata-rata 3,67 dikategorikan sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor dengan nilai rata-rata 3,72 dikategorikan sangat baik; 2) hasil uji peningkatan (gaint) setelah menggunakan media pembelajaran e-course dengan nilai rata-rata 54,83% diketegorikan tinggi, sedang 41,83%, rendah 0%; dan (3) respon mahasiswa tentang pengembangan media pembelajaran e-course dengan rata-rata hasil rating sebesar 90,13% dikategorikan sangat menarik.
Kata Kunci: Pengembangan, E-course, Hasil Belajar (Kognitif)
Penulis: Mega Senja Senja Pratiwi, Joko
Kode Jurnal: jptlisetrodd160024

JURNAL BERHUBUNGAN: