PENGEMBANGAN KIT TESTER KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA168 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI DASAR–DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Abstract: Kit tester komponen elektronika dan jobsheet merupakan media bantu pembelajaran standar kompetensi Menerapkan Dasar – Dasar Elektronika khusunya di SMK Negeri 2 Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah  (1) Menghasilkan media kit tester komponen elektronika dan jobsheet; (2) mengetahui tingkat ketelitian kit tester komponen elektronika, (3) mengetahui tingkat kelayakan media kit tester dan jobsheet; dan (4) untuk mengetahui respon siswa terhadap kit tester komponen elektronika dan jobsheetnya.
Pengembangan tester ini dilakukan dengan model penelitian Research and Development (R&D) dengan beberapa tahapan berikut: (1) Analisis Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; dan (7) Analisa & Pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari uji coba kit tester dibandingkan dengan alat ukur yang sudah ada,  hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media, dan respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media dan jobsheet yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa, tingkat ketelitian kit tester dalam pengukuran komponen elektronika mencapai 97,42%,  hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat pada kit tester komponen elektronika didapatkan rata - rata hasil rating sebesar 83,13%, dan rata-rata hasil rating terhadap jobsheet sebesar 81,67%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat kit tester dan jobsheet mendapat respon positif dengan rata-rata hasil rating sebesar 86,43% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media dan jobsheet kit tester komponen elektronika yang dihasilkan layak digunakan sebagai media bantu pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran, kit tester, jobsheet, mikrokontroler
Penulis: Septian Jati Tarandono, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160089

Artikel Terkait :