PENGEMBANGAN JOB SHEET ANTENA MICROSTRIP BERBASIS SOFTWARE CST STUDIO SUITE2011 UNTUK MENDUKUNG MATA KULIAH SALURAN TRANSMISI PADA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstrak: Penelitian pengembangan job sheet antena microstrip berbasis software CST Studio Suite 2011ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah job sheet yang dikembangkan berdasarkan kriteria kopetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, alokasi waktu, sumber dan sarana pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, bahasa, dan format selain itu juga untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap job sheet dengan materi antena microstrippada mata kuliah saluran transmisi di universitas negeri surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian pengembanganfour D-model (4D). Job sheet yang dikembangkan divalidasi oleh 3 dosen Teknik Elektro sebagai  validatorjob sheet lalu diuji cobakan terbatas pada  17 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika Komunikasi 2013 jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Job sheet diuji dengan menggunakan angket validasi dari dosen dan juga angket respon dari mahasiswa.
Hasil penelitian pengembangan job sheet antena microstrip berbasis software CST Studio Suite 2011 yang telah divalidasi dengan hasil rating rata-rata sebesar 80,6 %, sehingga dapat dikategorikan baik. Respon mahasiswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 84,9%. Hal ini menunjukkan bahwa job sheet yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Four D -Model (4D), Job Sheet, Antena Microstrip, CST Studio Suite
Penulis: Ranu Tri Laksono, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160067

JURNAL BERHUBUNGAN: