PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) Membuat E-Learning yang valid digunakan pada pembelajaran elektronika di kelas X TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya (2) Mengetahui hasil belajar setelah menggunakan E-Learning pada pembelajaran elektronika.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 7 Surabaya kelas X TAV 1 yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan One Shot Case Study didalam desain ini menggunakan satu sampel sebagai pembanding. Hasil ketuntasan dihasilkan dengan memberikan tes belajar berupa ujian online untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ukur dalam pencapaian nilai KKM yaitu 2,66 pada mata pelajaran elektronika.
Hasil penelitian ini adalah E-Learning berbasis web yang telah divalidasi mendapat rata-rata skor rating sebesar 85,77% dengan kriteria sangat baik. Validasi butir soal mendapat skor rata-rata sebesar 87,87%. Hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 71,09% sedangkan ketuntasan klasikal mendapat presentase sebesar 80,64% hasil tersebut berada diatas ketuntasan klasikal minimal sebesar 75% maka dapat dinyatakan pembelajara berhasil. Hal ini membuktikan dengan E-Learning berbasis web dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: E-Learning, Hasil belajar, Research and Development
Penulis: Rachmad Nusanzali, Rr. Hapsari Peni Agustin T
Kode Jurnal: jptlisetrodd160071

JURNAL BERHUBUNGAN: