PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-BOOK PADA MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Book pada mata kuliah Komunikasi Data sebagai media pembelajaran berdasarkan pada konten isi, tampilan, dan bahasa, serta untuk mengetahui respon peserta didik dengan menggunakan media e-Book pada mata kuliah Komunikasi Data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D, yaitu, 1)Penelitian dan pengumpulan data, 2)Perencanaan pengembangan produk, 3)Pengembangan produk awal, 4)Uji coba Produk awal, 5)Penyempurnaan produk awal, 6)Uji coba produk yang telah disempurnakan, 7) Penyempurnaan produk yang telah disempurnakan, 8)Pengujian produk yang telah disempurnakan, 9)Uji lapangan produk yang telah disempurnakan, 10)Implementasi dan institusional produk. Pengembangan bahan ajar e-Book Komunikasi Data divalidasi oleh 4 dosen jurusan Teknik Elektronika dan diuji cobakan pada 20 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro.
Pengembangan media pembelajaran e-Book Komunikasi Data telah mencapai kelayakan sebagai media untuk digunakan belajar peserta didik dengan prosentase respon positif siswa pada masing-masing aspek ≥ 61%. Berdasarkan hal tersebut, hasil penelitian pengembangan bahan e-Book pada mata kuliah Komunikasi Data pada mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro Unesa dengan materi sebelum UTS, pada kriteria materi, diperoleh kategori valid sebesar 76%, pada butir soal mencapai 80%, tampilan e-Book mencapai 80%, bahasa mencapai 72%. Berdasarkan hasil uji coba terbatas pada 20 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro mendapatkan respon positif sebesar 64%. Berdasarkan hasil uji coba mahasiswa tersebut menunjukkan bahwa e-Book Komunikasi Data yang dikembangkan telah memenuhi syarat valid dalam semua kriteria.
Kata Kunci: Pengembanganbahan ajar e-Book Komunikasi Data, Komunikasi Data
Penulis: Ida Dzatul Munawarah, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd160107

JURNAL BERHUBUNGAN: