PENGEMBANGAN APLIKASI ANDRONIKA BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berimbas besar terhadap kemajuan di segala aspek. Android merupakan salah satu imbas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Android adalah jenis smartphone yang bersifat open source sehingga pengguna dapat mengkostumisasi berbagai fitur aplikasi sesuai kebutuhan penggunanya. Menurut IDC (International Data Corporation) worlwide Mobile Phone Tracker mengumumkan bahwa android menjadi produk dengan penjualan tertinggi di tahun 2014. Survey lapangan yang dilakukan di kelas X-AV SMKN 2 Surabaya juga didapatkan bahwa 49% siswa adalah pengguna android. Namun dalam pemanfaatannya masih digunakan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. 23% dari pengguna smartphone hanya menggunakan untuk sms dan telpon, 11% bermain games, 34% untuk mengakses jejaring sosial, dan hanya 11% untuk mempelajari materi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan aplikasi Andronika yang digunakan sebagai media pembelajaran, (2) mengetahui respon siswa, (3) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Andronika serta, (4) mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas XAV-3 SMK Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study di mana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel tanpa ada sampel kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah aplikasi Andronika berbasis Android yang telah divalidasi dengan rating mendapatkan skor rerata 87,95% dengan kriteria nilai sangat baik. Dari hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi Andronika didapatkan skor rerata 92,29% dengan kriteria nilai sangat setuju, ketuntasan hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas dengan skor rerata 3,51 dengan predikat nilai A- serta keterlaksanaan pembelajaran yang dinyatakan sangat terlaksana dengan persentase skor sebesar 89,74%. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Andronika berbasis Android dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Andronika, Android, mobile learning, ADDIE
Penulis: Lutfi Hakim, Meini Sondang Sumbawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150400

JURNAL BERHUBUNGAN: