PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI CD PLAYER KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian dengan memadukan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan metode guided note taking ini lebih menekankan agar siswa berinteraksi dan berbagi pemahaman dengan teman mereka sendiri untuk memahami materi yang telah diajarkan, sehingga kemampuan penguasaan materi tidak hanya didapat dari guru tetapi juga dari teman mereka sendiri serta ditunjang dengan catatan terbimbing (handout) agar materi yang mereka dapat tidak hanya ada dalam pemahaman mereka tetapi juga ada di catatan yang mereka tulis sendiri.
Jenis peneltian ini merupakan penelitian Quasi Experimental (Nonequivalent Group Comparison) yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas XI TAV 2 dan satu kelas control yaitu kelas XI TAV 3. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya.
Respon para ahli terhadap kelayakan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode guided note taking adalah dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran, dengan hasil rating validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 79,583%, Bahan Ajar 75,589%. Sedangkan hasil rating untuk respon siswa terhadap pembelajaran ini sebesar 83,97%. Untuk hasil belajar siswa didapatkan ttest sebesar 8,755 dan ttabel sebesar 1,67. Pada pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak kanan dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan perpaduan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode guided note taking lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player kelas XI TAV SMK  Negeri 2 Surabaya.
Kata Kunci: model, metode,   hasil belajar dan respon siswa
Penulis: A Shofi Musyahidin, Nur Kholis
Kode Jurnal: jptlisetrodd150363

JURNAL BERHUBUNGAN: