PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KEPALA UDANG SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN UDANG WINDU

ABSTRAK: Dalam rangka meningkatkan expor non migas, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah budidaya udang windu. Keberhasilan usaha budidaya udang ditunjukkan oleh cepatnya laju pertumbuhan atau rendahnya mortalitas, akhirnya meningkatkan produksi. Dalam usaha intensif makanan buatan mutlak diperlukan. Tepung kepala udang adalah alternatif bahan pilihan yang bisa digunakan sebagai campuran makanan buatan bagi udang. Diharapkan nantinya tepung kepala udang dalam ransum bisa meningkatkan laju pertumbuhan dan pertumbuhan udang. Penelitian yang dilakukan penulis di Unit Pembinaan Pembenihan Udang Wind (UPPUW) Pasir Putih Situbondo. Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kepala udang sebagai substitusi tepung ikan dalam ransum terhadap laju pertumbuhan udang windu dan tujuannya adalah mendapatkan prosentase tepung kepala udang dalam ransum yang memberikan laju pertumbuhan terbaik. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pengambilan data secara observasi langsung sedangkan analisa datanya dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga kali ulangan. Adapun kelima perlakuan adalah prosentase tepung kepala udang sebesar 0 prosen (A), 3 prosen (B), 6 prosen (C), 9 prosen (D), dan 12 prosen (E), dalam hal ini sebagai variabel X, sebagai variabel Y adalah udang windu yang diukur laju pertumbuhannya. Berdasarkan uji sidik ragam dan uji BNT didapatkan bahwa prosentase protein tepung kepala udang dalam ransum menunjukkan perbedaan nyata terhadap laju pertumbuhan harian individu. Hubungan antara prosentase tepung kepala udang yang berbeda dalam ransum (X) dengan laju pertumbuhan harian individu udang windu :
Y = –0,03624X2 + 0,2449X + 6,1534
Laju pertumbuhan harian terbesar adalah 6,753. prosentase dengan pemberian ransum 4,1 prosen protein tepung kepala udang sehingga dapat disimpulkan bahwa prosentase protein tepung kepala udang dalam ransum yang memberikan hasil maksimum berkisar antara 3,8 prosen sampai dengan 4,4 prosen.
Kata Kunci: Tepung Kepala Udang, Ransum, Laju Pertumbuhan, Udang Windu
Penulis: ENDAH SIH PRIHATINI
Kode Jurnal: jpperikanandd100150

JURNAL BERHUBUNGAN: