PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS X MAN 2 BOJONEGORO

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan Problem Solving (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan mengunakan model pembelajaran Konvensional (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X/H sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas X/I sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk analisis data digunakan statistic uji t.
Berdasarkan uji hipotesis 1 didapatkan thitung = 85,02 > ttabel= 1,70 dan =  83,34 > ideal = 50 sehingga hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving termasuk kategori tinggi, sedangkan dari uji hipotesis 2 didapatkan  thitung = 62,03 > ttabel= 1,70 dan =  72,46 > ideal = 50 sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional juga dikategorikan tinggi. Untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji-t dua pihak diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol karena thitung tidak berada pada -t(1-½ α) < thitung < t(1-½ α) dimana nilai thitung sebesar 5,61 sedangkan ttabel atau t(1-½ α) sebesar 2,00.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Penulis: M. Taufiq, Tri Rijanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150387

JURNAL BERHUBUNGAN: