PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE DEMONSTRATION BERBANTUAN SOFTWARE PSIM 9.0.3 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK (DPL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TIPTL DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan metode demonstration, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif dengan metode demonstration, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik siswa siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif dengan metode demonstration.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan control group pre-test-post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL 1 sebagai kelas kontrol dan X TIPTL 3 sebagai kelas eksperimen di SMK N 2 Surabaya. Kemudian untuk menganalisis data digunakan uji-t satu pihak dengan menggunakan Independent Sample T Test dengan syarat data distribusi normal dan varian yang homogen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif metode demonstrations memiliki respon berkategori tinggi sebanyak 15 siswa, 10 siswa memiliki respon sedang dan 10 siswa memiliki respon rendah dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara model pembelajaran kooperatif metode demonstrations dan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung = 2,216 untuk nilai taraf signifikansi (α) = 0,05. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara model pembelajaran kooperatif metode demonstrations dan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung = 2,275 untuk nilai taraf signifikansi (α) = 0,05.
Kata Kunci: Kooperatif Metode Demonstrations, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Penulis: Putra Ayudiah Surya, Munoto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160055

JURNAL BERHUBUNGAN: