PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI TERHADAP HASIL BELAJAR

Abstrak: Model pembelajaran inkuiri adalah suatu cara penyampaian pelajaran dengan penelaahan sesuatu yang bersifat mencari secara kritis, analisis dan argumentif (ilmiah) dengan menggunakan langkah-langkah tertentu untuk mencapai sebuah kesimpulan. Pembelajaran ini melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
Rancangan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk dari desain quasi experimental ini adalah nonequivalent control group design, karena desain penelitian ini digunakan untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain yang diteliti atau dalam suatu penelitian.
Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 85.78 dan pada kelas kontrol adalah 82.84. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t pada hasil belajar siswa menghasilkan kesimpulan yakni H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.
Kata Kunci: Inkuiri, Quasi Experiment, dan Hasil Belajar
Penulis: Muhammad Rhomli, Subuh Isnur Haryudo
Kode Jurnal: jptlisetrodd160068

JURNAL BERHUBUNGAN: