PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DIODA SEMIKONDUKTOR SEBAGAI PENYEARAH KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 SURABAYA.

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui perbedaan pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dibandingkan model pembelajaran langsung, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning pada kompetensi dasar menerapkan dioda semikonduktor sebagai penyearah di SMK Negeri 2 Surabaya.Dan (3) untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning pada kompetensi dasar menerapkan dioda semikonduktor sebagai penyearah di SMK Negeri 2 Surabaya. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design dimana dalam penelitian terdapat dua kelas siswa. Kedua kelas tersebut yakni kelas eksperimen dengan model discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video 1 berjumlah 36 siswa dan siswa kelas X Teknik Audio Video 3 berjumlah 35 siswa SMKN 2 Surabaya tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa berupa pretest dan postest untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif, dan untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah psikomotor menggunakan ranah psikomotor menggunakan tes hasil pengamatan kinerja.  Berdasarkan hasil penelitian uji statistik yaitu uji-t. (1) Hasil uji perbedaan hasil belajar nilai akhir siswa didapat nilai thitung sebesar 15,689,perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 15,689>2,30, sehingga hipotesis  nol (H0) ditolak dan (H1) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan discovery learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Dari perhitungan lembar angket respon siswa yang telah diberikan diperoleh hasil skor respon siswa sebesar 82,06% dan termasuk dalam kriteria sangat kuat. (3) Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan dan observasi yang dilakukan oleh pengamat, maka penelitian yang dilakukan dengan mengunakan model Discovery Learning terhadap pembelajaran pada kompetensi dasar menerapkan diode semikonduktor sebagai penyearah kelas X T.AV di SMKN 2 Surabaya dapat dinyatakan terlaksana dengan baik dengan hasil observasi penelitian mendapat nilai rata-rata keterlaksanaan sebesar 80%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery learning, Model Pembelajaran Langsung, Perbedaan Hasil belajar, Respon siswa, Keterlaksanaan Penelitian
Penulis: PUTRI Teas TEAS SARI DEWI, Meini Sondang Sumbawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160039

JURNAL BERHUBUNGAN: