PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MEREKAM AUDIO DISTUDIO DISMKN 2 SURABAYA

Abstrak: Latar belakang diadakan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran aktif Guided Teaching.Karena kurangnya media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa di SMK diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Teaching lebih tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran sekolah setempat.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu menunjukkan proses pembelajaran sebelum dilakukan pembelajaran kemudian memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif Guided Teachingdan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Adapun perangkat pembelajaran yang di gunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan LKS.Hasil validasi yang dilakukan oleh pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang di gunakan dinyatakan valid.Dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebagian besar nilai siswa dapat dicapai dengan baik. Diketahui bahwa t-test sebesar 3.478 dan t-tabel sebesar 1,67. Berdasarkanhasilpenelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif Guided Teaching mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif Guided Teaching, Hasil Belajar Siswa
Penulis: Guguh Gumilar, Edy Sulistyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd150379

JURNAL BERHUBUNGAN: