PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI MODEL ATOM BAHAN SEMI KONDUKTOR DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar siswa, dan (untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips.
Metode penelitin yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah static group comparison, yang termasuk ke dalam kategori quasi experimental design. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking ships sedangakn untuk kelas control menggunakan model pembelajaran langsung.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil analisis skor posttest dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa skor dari kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) berdasarkan hasil analisis posttest menunjukkan bahwa thitung = 8,499 > ttabel = 1,66 (α = 0,05) dengan rata-rata nilai dari kelas eksperimen sebesar 84.86 dan kelas control sebesar 76.80 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. (3) respon isswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips menunjukkan respon positif dengan rata-rata sebesar 81.04 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif  talking chips, pembelajaran langsung, hasil belajar siswa
Penulis: Yacob Hariyanto, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150429

JURNAL BERHUBUNGAN: