PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUIS KELOMPOK (TEAM QUIZ AND STUDENT INSTRUCTOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Abstrak: Metode pembelajaran adalah salah satu alat yang harus ada dalam sebuah kegiatan belajar mengajar, kegiatan belajar yang banyak melibatkan siswa dalam praktikum harus memiliki metode yang inovatif , sehingga sauna belajar menjadi menyenangkan. Proses pembelajaran yang ada di SMK Negeri 7 masih menggunakan metode yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran Quis kelompok (Team Quiz and Student Instructor) terhadap hasil belajar siswa. Standar kompetensi dalam penelitian ini adalah pengendali elektromagnetik di SMK Negeri 7 Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,  Bagaimana pengaruh metode pembelajaran quis kelompok  terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment design, dengan desain one group pretest-posttes design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya. Kemudian untuk mengetahui perubahan hasil belajar, digunakan teknik analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perubahan hasil belajar siswa, yakni ditandai dengan hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 53,38 dan nilai post-test sebesar 83,12. Hal ini menunjukan metode yang digunakan berdampak baik pada nilai siswa.
Kata Kunci: Metode, hasil belajar, nilai tes
Penulis: Muhammad Ibnu Cholid, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd150356

JURNAL BERHUBUNGAN: