PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran teknik listrik dan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran problem solving.
Penelitian ini yaitu menggunakan penelitian Quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 5 Surabaya kelas X AV-1 yang berjumlah 36 siswa dan X AV-2 yang berjumlah 34 siswa sedangkan instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan respon siswa terhadap metode pembelajaran problem solving Data ketuntasan di kumpulkan dengan pemberian tes akhir belajar berupa soal dan respon siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diukur dari pencapaian nilai KKM adalah 75 pada mata pelajaran teknik listrik dan pemberian angket untuk mengetahui respon siswa.
Hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu instrumen penelitian perangkat metode pembelajaran problem solving mendapatkan hasil rating 87%, respon siswa terhadap metode pembelajaran problem solving dengan hasil rating 84,71 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan metode pembelajaran problem solving mendapatkan hasil belajar yang maksimal.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, problem solving dan hasil belajar
Penulis: Mochamad Ma'aruf, Endryansyah
Kode Jurnal: jptlisetrodd150505

JURNAL BERHUBUNGAN: