PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KWL (KNOW, WANT, LEARN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) dengan metode ceramah, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di kelas X AV.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan “Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AV SMK Negeri 2 Surabaya, sedangkan untuk sampel diambil dari dua kelas yaitu kelas X AV 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AV 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan uji-t.
Dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,22 dan kelas kontrol sebesar 78,81. Sedangkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 4,694 dan ttabel sebesar 1,671. Dengan demikian maka thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah.
Kata Kunci: Metode pembelajaran KWL (Know, Want, Learn), hasil belajar
Penulis: Anggun Budi Santoso, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150385

JURNAL BERHUBUNGAN: