PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujan untuk: (1) mengetahui apakah pengaruh media pembelajaran software proteus 8 profesional terhadap hasil belajar siswa menunjukan hasil yang lebih baik pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya, (2) mengetahui apakah pengaruh media pembelajaran software proteus 8 profesional terhadap aktivitas belajar siswa menunjukan hasil yang lebih baik pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental design dengan jenis desain Nonequivalent Control Group design. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa digunakan lembar pengamatan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil dari uji t pada hasil belajar siswa didapat hasil tHitung sebesar 5,113. Sedangkan nilai tTabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = 61. Tabel distribusi t ditentukan pada α = 0,05:2 = 0,025 (uji 2 sisi) adalah 2,000. Maka nilai tHitung > tTabel. Sehingga, prioritas H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya adalah pengujian berdasarkan signifikansi, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05. Karena 0,000<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif/peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan software proteus 8 profesional pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika. (2) Ativitas belajar siswa pada model pembelajaran langsung menggunakan Software Proteus 8 profesional lebih baik dari pada ativitas belajar siswa dalam model pembelajaran langsung tanpa Software Proteus 8 profesional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran langsung, Software Proteus 8 profesional, dan penerapan rangkaian elekronika
Penulis: Miftahul Mukminin, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd160087

JURNAL BERHUBUNGAN: