PENGARUH CURAHAN TENAGA KERJA PETANI TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA TEKALONG KECAMATAN MENTEBAH KABUPATEN KAPUAS HULU

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya curahan tenaga kerja petani, mengetahui pengaruh curahan tenaga kerja petani terhadap pendapatan keluarga dan mengetahui produktivitas tenaga kerja petani di Desa Tekalong Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. Metode penelitian dilakukan dengan metode survey dan lokasi penelitian ini dilakukan secara (purposive) yaitu Desa Tekalong Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah berjumlah 36 responden (15%) dari 240 poulasi.
Variabel dalam penelitian ini adalah curahan tenaga kerja petani, serta pendapatan keluarga. Untuk mengetahui besarnya curahan tenaga kerja petani di Desa Tekalong dianalisis dengan cara  menghitung setiap kegiatan masing-masing komoditas yang diusahakan, kemudian dijumlahkan untuk seluruh usahatani. Untuk mengetahui adanya pengaruh curahan tenaga kerja petani terhadap pendapatan keluarga menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Untuk mengetahui produktivitas petani digunakan pengukuran pendekatan rasio output/input.
Hasil analisis menunjukan rata-rata tenaga kerja petani yang dicurahkan selama satu tahun, untuk usahatani karet sebanyak 161,08 HOK (60,08%), untuk usahatani padi sebanyak 50 HOK (18,65%), untuk usaha sampingan sebanyak 57 HOK (21,26%). Pada Usahatani karet dan usaha sampingan curahan tenaga kerja petani berpengaruh terhadap pendapatan keluarga, sedangkan pada usahatani padi curahan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan keluarga. Produktivitas tenaga kerja petani pada usahatani karet adalah sebesar Rp. 152.236/HOK. Produktivitas tenaga kerja petani pada usahatani padi sebesar Rp. 92.293/HOK. Produktivitas tenaga kerja petani pada usaha sampingan adalah sebesar Rp. 82.026/HOK.
Kata kunci: Curahan tenaga kerja petani, pendapatan keluarga
Penulis: Daniel, Abdul Hamid, dan Adi Suyatno
Kode Jurnal: jppertaniandd140510

JURNAL BERHUBUNGAN: