PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPENTENSI DASAR GERBANG DASAR DI SMKN 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran project based learning dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di kelas X TAV SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil belajar tersebut dibandingkan untuk mengetahui model pembelajaran dengan hasil yang terbaik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The Static-Group Pretest-posttest Design. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara acak, Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diambil dengan teknik observasi dan tes yang berupa pilihan ganda dan lembar penilaian.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t dimana t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 yakni hasil belajar kelas eksperimen diperoleh t hitung sebesar 2,78 dan t tabel sebesar 1,67 dan keterlaksanaan model pembelajaran dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan rata-rata hasil rating selama dua kali pertemuan sebesar 75,3% yang masuk ke dalam kategori terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran project based learning, model pembelajaran langsung, Hasil belajar siswa
Penulis: Catur Satria Wibowo
Kode Jurnal: jptlisetrodd160052

JURNAL BERHUBUNGAN: