PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BIPOLAR JUNCTION TRANSISTOR KELAS X-TAV DI SMK N 1 NGANJUK

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam upaya menciptakan model pembelajaran yang lebih aktif, komunikatif dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. (2) mengetahui aktivitas belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design dengan penerapan pretest-post test. Analisis data yang digunakan adalah analisis butir tes yang terdiri dari uji validitas soal, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, daya beda soal. Untuk analisis hasil belajar menggunakan analisis awal yang terdiri dari uji normalitas pretest, uji homogenitas dan uji Paired sample T-test. Untuk aktivitas belajar siswa menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar.
Hasil yang diperoleh: (1) penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 90. (2)  aktivitas belajar siswa juga dapat  meningkat jika dilihat dari rata-rata  hasil pengamatan yang dilakukan yaitu 91% untuk semua aspek penilaian. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dan layak untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci: model pembelajaran Think Talk Write, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Siswa
Penulis: Fitri Nurrohmah, Meini Sondang Sumbawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd150355

JURNAL BERHUBUNGAN: