PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 BOJONEGORO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran  langsung  pada materi ajar sensor dan aktuator  di kelas XI TEI SMK Negeri 2 Bojonegoro. Hasil belajar dan aktivitas siswa tersebut dibandingkan untuk mengetahui model pembelajaran dengan hasil yang terbaik baik dari segi kognitif maupun psikomotor.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara acak, Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diambil dengan teknik tes yang berupa pilihan ganda dan uraian.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t dimana -t hitung< -t tabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 yakni hasil belajar kelas eksperimen diperoleh -t hitung sebesar -4,726 dan -t tabel sebesar -1,67 dengan rata-rata nilai hasil belajar 84,58 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai sebesar 89,25 dan siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih aktif dibandingkan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 86,06% untuk kelas eksperimen dan 75,93% untuk kelas kontrol.
Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran langsung, Hasil belajar dan Aktivitas siswa
Penulis: Andri Oky Putra Permono, Nurhayati
Kode Jurnal: jptlisetrodd160056

JURNAL BERHUBUNGAN: