PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KONSEP KELISTRIKAN DI SMA NEGERI 2 BANGKALAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa yang menggunakan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) atau hanya memakai model pembelajaran langsung (MPL).
Metode yang digunakan adalah True Ekperimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Posstest Only Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan X-H sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil postest pada siswa sesudah menggunakan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X-I) adalah 85,8 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (X-H) adalah 79,1 serta diperoleh thitung = 5,810 > ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran computer based instruction ( CBI ) lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Langsung (MPL).
Kata Kunci: model pembelajaran computer based instruction, hasil belajar siswa, respon siswa
Penulis: Anggie Pramulya Teguh P, I Gusti Putu Asto B
Kode Jurnal: jptlisetrodd150376

JURNAL BERHUBUNGAN: