MANAJEMEN KUALITAS AIR PADA PEMBESARAN IKAN NILA SALIN (Oreochromis aureus x niloticus) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR PAYAU KABUPATEN LAMONGAN

ABSTRAK: Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui cara pembesaran ikan nila di Instalasi Budidaya Air Payau Lamongan dan untuk mengetahui manajemen kualitas air pada pembesaran ikan nila salin di Instalasi Budidaya Air Payau Lamongan. Manfaat penelitian ini adalah untuk membandingkan ilmu teori yang telah didapat dengan keadaan langsung di lapangan pada pembesaran ikan nila salin dan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan menambah wawasan di bidang perikanan khususnya dalam manajemen kualitas air pada pembesaran ikan nila salin serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang manajemen kualitas air yang baik bagi pembesaran ikan nila salin.
Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan di Instalasi Budidaya Air Payau Lamongan. Metode penelitian ini adalah metode diskriptif, sesuai Ari Kunto (2010) penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan untuk menemukan pengetahuan yang seluas-luasnya terhadap objek penelitian pada suatu masa tertentu.Teknik pengambilan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer cara pengambilan datanya dengan observasi, wawancara, dan partisipasi aktif.
Dari penelitian dihasilkan cara pemeliharaan ikan nila salin dengan persiapan tambak meliputi: pengeringan, pembuangan lumpur, pengapuran, pemupukan dasar, pelaksanaan terdiri dari pengisian air, penebaran benih, pemberian pakan dan probiotik dan pemanenan. Dari manajemen kualitas air dilakukan dengan pergantian air dengan penambahan air dari sumur bor, pengamatan kualitas air di dapatkan suhu rata-rata 27-30ºC, pH 7-7,5 ppm, salinitas 20 ppt, kadar oksigen terlarut (DO) 6-8 mg/l, amonia (NH3) 0,2 mg/l, dan kecerahan kolam 25 cm. Pada penelitian ini disarankan untuk melakukan pengamatan kualitas air pada pemeliharaan ikan salin di tempat yang lain, sehingga parameter kualitas air yang baik bisa didapatkan untuk pemeliharaan ikan nila salin.
Kata Kunci: Manajemen kualitas air, Pembesaran, Ikan nila
Penulis: ENDAH SIH PRIHATINI
Kode Jurnal: jpperikanandd140181

JURNAL BERHUBUNGAN: