IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MACAM-MACAM RANGKAIAN FLIP-FLOP SISWA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, dan Satisfaction (ARIAS) yang valid (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, dan Satisfaction (ARIAS) terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam rangkaian flip-flop. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot study design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI SMK Negeri 2 Bangkalan. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tulis.
Temuan dari penelitian ini adalah (1) adanya kelayakan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini, hal ini  ditunjukkan dengan nilai validasi silabus adalah 77% termasuk dalam kriteria valid, nilai validasi RPP adalah 89% termasuk dalam kriteria sangat valid, nilai validasi handout adalah 86% termasuk dalam kriteria sangat valid, nilai validasi LKS adalah 80% termasuk dalam kriteria valid dan nilai validasi soal posttest adalah 86% termasuk dalam kriteria sangat valid (2) adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan  dengan nilai t hitung sebesar 12.595, nilai ttabel sebesar 2.40 dan nilai p value sebesar 0.000 dengan taraf signifikansi sebesar α = 0.05. Dikarenakan nilai t hitung (12.595) > t ttabel = 2.40 dan nilai p value (0.000) < nilai α = 0.05, maka t hitung terletak  daerah penolakan H0.
Kata Kunci: Model pembelajaran ARIAS dan hasil belajar siswa
Penulis: Nurul Khoiriyah, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160091

JURNAL BERHUBUNGAN: