EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KARET DI DESA SEPONTI JAYA KECAMATAN SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA

ABSTRAK: Sumber daya Lahan merupakan sumberdaya alam yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia karena sumberdaya alam diperlukan dalam setiap kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat atau kelas kesesuaian lahan dan faktor pembatas pengembangan tanaman karet (Havea brasiliensis) serta cara pengelolaan yang sesuai dengan kondisi lahan yang ada di lokasi penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah survey langsung di lapangan dengangan parameter penelitian meliputi; keadaan lingkungan, sifat fisika dan sifat kimia tanah. Keadaan lingkungan yang dapat diamati di lapangan meliputi iklim, bentuk wilayah dan topografi, batuan permukaan dan singkapan, tata guna lahan dan vegetasi, drainase dan tipe luapan air, dan erosi dan bahaya banjir. Sifat fisika tanah yang diamati meliputi warna tanah, tekstur, struktur, konsistensi, kedalaman air tanah, kedalaman efektif, kedalaman sulfidik dan kedalaman gambut. Sifat kimia tanah di analisis di laboratorium, meliputi pH, KTK, KB, C-Organik, N-total, P, K, Ca, Mg, Kejenuhan Al, dan Salinitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada lokasi penelitian terdapat 1 satuan peta tanah (SPT) yaitu Sulfic Endoaqueptsyang  mempunyai kelas kesesuaian lahan aktual S3-rc3,nr3,xs1 dan kelas kesesuaian lahan potensial S2-wa1 , dengan luas lahan 100ha dari luas keseluruhan lokasi penelitian.
Rekomendasi pengelolaan terdiri dari rekomendasi perbaikan drainase dan pengapuran. Perbaikan drainase karena memiliki drainase Sedang dengan muka air tanah berkisar antara 15-60 cm. Pada satuan lahan ini tergolong dangkal sampai agak dangkal. Tanah pada lokasi penelitian termasuk kedalam kriteria sangat masam dengan pH < 4,5, sehingga perlu dilakukan pengapuran. Perhitungan dilakukan berdasarkan atas kadar Al-dd pada tanah permukaan. Kapur yang digunakan adalah kapur dolomit [CaMg(CO3)2] dengan dosis 255 kg/Ha.
Kata Kunci: Karet, Evaluasi Kesesuaian Lahan
Penulis: Mustarudin
Kode Jurnal: jppertaniandd150293

Artikel Terkait :