ANALISIS PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis sp) DI KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus di Desa Rayunggumuk Kecamatan Glagah)

Abstrak: Peran sub sektor perikanan dalam pembangunan nasional terutama adalah menyediakan sumber pangan dan gizi bagi seluruh rakyat Indonesia terutama dalam pemenuhan protein hewani. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pola saluran pemasaran ikan nila merah di Kabupaten Lamongan (2) Mengetahui tugas dan fungsi lembaga lembaga pemasaran ikan nila merah di Kabupaten Lamongan (3) Menganalisis biaya, keuntungan dan marjin pemasaran ikan nila merah di Kabupaten Lamongan (4) Mengetahui apakan pemasaran ikan nila merah di Kabupaten Lamongan sudah efisien.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel petani yang diambil sebanyak 30 petani ikan nila merah dan metode pengambilan sample petani secara simple random sampling. Sedangkan pengambilan sample pedagang secara snowball sampling yaitu terdiri dari 3 pedagang pengumpul, 3 pedagang besar dan 8 pedagang pengecer. Data yang diambil adalah data primer dan data skunder dengan teknik wawancara,pencataatn dan ovservasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Saluran I besarnya biaya pemasaran Rp 924,19 per kg, marjin pemasarannya Rp 4000,04 per kg dan keuntungan pemasaran Rp 3074,85 per kg. Sedangkan pada saluran II besarnya biaya pemasaran Rp 1005,06 per kg, marjin pemasarannya Rp 3250 per kg dan keuntungan pemasaran sebesar Rp 2471,21 per kg. Untuk saluran pemasaran III besarnya biaya pemasaran Rp 402,6 per kg, marjin pemasarannya Rp. 2666,7 per kg, dan keuntungan pemasaran sebesar Rp 2462,3 per kg.
Kata Kunci: Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis sp)
Penulis: Faisol Mas‘ud
Kode Jurnal: jpperikanandd140177

JURNAL BERHUBUNGAN: