ANALISA FINANSIAL USAHA IKAN RUCAH DI UD. GENDUNG H DI DESA BRONDONG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

ABSTRAKSI: Ikan rucah merupakan ikan hasil tangkapan samping (HTS) dari perkapalan, merupakan kumpulan dari berbagai jenis ikan yang telah mengalami proses pembekuan di kapal, mempunyai komposisi kimia yang sama dengan ikan lainnya, hanya kadar lemak dan kadar abu lebih rendah 2 %. UD. Gendung H merupakan salah satu perusahaan yang berlokasi di Desa Brondong Kecamatan Brondong yang bergerak dalam bisnis pemasok bahan baku pakan ternak dari ikan rucah. Perusahaan ini mampu memasok ikan rucah sebanyak 15-20 ton perhari dengan daerah pemasaran di Kabupaten Mojokerto.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2014, sedangkan lokasi tempat penelitian berada di UD. Gendung H di Desa Brondong Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses usaha pemasaran ikan rucah di UD. Gendung H Desa Brondong serta untuk mengetahui analisa finansial usaha pemasaran ikan rucah di UD. Gendung H Desa Brondong.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemasaran ikan rucah di UD Gendung H dimulai dari pembelian bahan baku ikan, kemudian penanganan bahan baku ke dalam wadah-wadah yang sudah tersedia, kemudian dikirim ke pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto. Sedangkan analisa finansialnya diperoleh Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) 1,94860124, Payback Periode (PP) membutuhkan waktu 1 bulan sedangkan nilai Break Eveny Point (BEP) sebesar Rp. 3.009.886.850, sehingga layak untuk dijalankan
Kata Kunci: Ikan rucah, Analisa finansial
Penulis: WACHIDATUS SA’ADAH
Kode Jurnal: jpperikanandd140172

JURNAL BERHUBUNGAN: