STUDI TENTANG KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda dan untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung Camat kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.
Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Key informannya yaitu Camat, Informannya yaitu Sekretaris Camat, Kepala Seksi Kepegawaian dan pegawai 1 orang Kecamatan Sungai Pinang serta informan lainnya yaitu masyarakat Kecamatan Sungai Pinang. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh pegawai Kecamatan Sungai Pinang memiliki kualitas kinerja dalam menyelesaikan tugas. Kualitas pegawai sudah baik. Kualitas kinerja yang dilakukan dari ketelitian dan kerapian pegawai harus transparan, karena kualitas pegawai sangat baik dalam memberikan pelayanan publik. Kuantitas pegawai dapat dilihat dari camat yang telah meningkatkan kinerja pemerintah kota Samarinda yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan dalam upaya meningkatkan kapasitas pelayanan Kota Samarinda melalui upaya motivasi pegawai, penyelesaian pekerjaan para pegawai dari tiap bagian. Kuantitas kerja pegawai sudah berjalan dengan baik. Dalam menyelesaikan pekerjaan, pegawai kecamatan mengerjakan, pekerjaan yang merupakan prioritas terlebih dahulu, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tepat waktu.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja Pegawai
Penulis: Eko Mulianto Putra 
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd150787

Artikel Terkait :