IMPLEMETASI PROGRAM PEMBAGIAN BERAS MISKIN DI KELURAHAN AIR HITAM KECAMATAN SAMARINDA ULU KOTA SAMARINDA

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Program Pembagian Beras Miskin di Kelurahan Air Hitam Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda dan untuk mendefiniskan dan mengetahui hambatan Implementasi Program Pembagian Beras Miskin di Kelurahan Air Hitam Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda.
Fokus penelitian ini adalah 1). Implementasi Program Beras Miskin (Raskin) bagi keluarga miskin, yaitu : Penentuan Sasaran Raskin, Sosialisasi Program Raskin, Pemantauan Program Raskin, Evaluasi Program Raskin, Pengaduan Masyarakat terhadap masalah Raskin dalam pelaksanaan Raskin, dan 2). Faktor penghambat dalam Program dalam Pembagian Beras Miskin.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work). Pemilihan informan ditunjuk oleh informan kunci. Dan analisis data yang diperoleh melalui data sekunder.
Dari analisis data yang dilakukan, diketahui bahwa penentuan sasaran Raskin di Kelurahan Air Hitam kurang tepat sasaran karena pendataan dilakukan langsung dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan tidak dilakukannya pendataan ulang setiap tahunnya. Sosialisasi dilakukan sebelum program dilaksanakan dan selama program tersebut berjalan. Pemantauan terhadap program Raskin dilakukan oleh Tim Pemantauan atau Tim Monitoring tetapi hanya pada saat pendistribusian Raskin. Evaluasi Program Raskin telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal namun hasil evaluasi tidak dipaparkan secara terbuka. Unit pengaduan masyarakat di Kelurahan Air Hitam akan ditindaklanjuti apabila sudah dirapatkan bersama-sama  masalah yang telah diadukan oleh masyarakat mengenai masalah Implementasi program Raskin. Sedangkan faktor penghambat ditemukan keterlambatan pengiriman beras sehingga warga penerima Raskin rela menunggu berminggu-minggu kadang sampai berbulan-bulan dan pendataan harus lebih selektif lagi dalam menentukan Rumah Tangga Sasaran (RTS).
Kata Kunci: Implementasi, Beras Miskin
Penulis: Herianca            
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd150786

Artikel Terkait :