PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR OLEH GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR

Abstrak: Pendidikan merupakan standar kemajuan suatu bangsa, dengan standar pendidikan yang tinggi dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memajukan bangsa dikancah dunia. Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya atau hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung, diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantara banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor pemberian motivasi belajar oleh guru, kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran memiliki peranan penting.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi belajar oleh guru, kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP N 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh pemberian motivasi belajar oleh guru, kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP N 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian motivasi belajar oleh guru terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran  terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII  Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian motivasi belajar oleh guru, kemandirian belajar, dan pemanfaatan media pembelajaran  terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII  Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Pemberian Motivasi Belajar Oleh Guru, Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Media Pembelajaran, dan Hasil Belajar IPS Terpadu
Penulis: Erni Zani, I Komang Winatha, dan Teddy Rusman
Kode Jurnal: jppendidikandd130634

Artikel Terkait :