ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) PADA SMK NEGERI 2 SERIRIT

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  dan mendeskripsikan pelaksanaan program pendidikan sistem ganda (PSG) SMK Negeri 2 Seririt, pada komponen: Konteks, Input, Proses, dan Produk. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Ex Post Facto dan penelitian ini adalah penelitian evaluatif bersifat deskriptif kuatitatif menggunakan model CIPP dari Stufflebeam.Penelitian ini dilakukan  pada sekolah SMK Negeri 2 Seririt pada tahun ajaran 2010/2011, melibatkan 35 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dikuatkan dengan data hasil  wawancara, observasi, dan dokumen. Kuesioner, digunakan untuk mengumpulkan data Konteks, Input, Proses dan Produk.
Pengolahan data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan cara melakukan analisis data kualitatif dan kuantitatif, serta melakukan analisis data untuk memperoleh makna mendalam dibalik angka-angka secara kuantitatif. Analisis data untuk komponen konteks, input, proses dan produk dilakukan dengan menggunakan rumus T-Skor dan dimasukkan ke kuadran Glickman.
Hasil analisis data masing-masing variabel  yang diteliti : (1) variabel konteks  sangat efektif  rata-rata skor-T 65,71 (2) Variabel input  efektif rata-rata skor-T 54,29, (3) variabel proses sangat efektif dengan rata-rata skor-T 65,71, dan (4) varibel produk sangat efektif dengan rata-rat skor-T  62,86.Setelah di interpretasikan dalam kuadran Glickman, efektifitas pelaksanaan pendidikan sistem ganda pada SMK N 2 Seriritt Sangat efektif.
Kata Kunci: Analisis Program, Efektifitas, Pelaksanaan Program, Konteks, Input, Proses dan Produk
Penulis: Nyoman Ardika
Kode Jurnal: jppaudsddd110014

Artikel Terkait :