APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5
Abstrak: Tujuan penelitian
ini adalah untuk
menghasilkan produk aplikasi
media pembelajaran Origami berbasis
multimedia yang menarik
dan interaktif, mengetahui tingkat kelayakan
aplikasi media pembelajaran
Origami berbasis multimedia,
danmengetahui tanggapan pengguna tentang aplikasi Origami.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research
and Development. Tahapan
dalam penelitian ini
meliputi tahap analisis, desain,
pengembangan, dan evaluasi/uji
sistem. Sistem yang
dikembangkan dalam aplikasi ini
mempunyai 3 petunjuk
untuk membuat Origami
yaitu: lembar petunjuk, animasi,
dan video. Pengguna
dapat menilai kemampuan
mereka terhadap Origami dengan
kuis dan Puzzle.
Dari hasil pengujian
kualitas media pembelajaran yang dikembangkan
termasuk dalam kategori
layak, baik dari
segi content maupun media.
Hal ini berdasarkan
nilai rata-rata ahli
media yaitu 4
dan nilai rata-rata
ahli materi yaitu 4.
Sedangkan penilaian pengguna
terhadap aplikasi pembelajaran
yang dikembangkan dinyatakan layak
dengan presentasi 89.26%.
Disisi lain tanggapan pengguna oleh
siswa kelas IV SDN Rejosari
Magetan untuk aplikasi
media pembelajaran Origami menunjukkan
hal-hal yang positif
dan memudahkan pengguna dalam membuat Origami.
Penulis: Efi Rochmatika
Kode Jurnal: jptinformatikadd150029