PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2012/2013

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah dan untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah control group pretest posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu Kelas X1 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,08 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 31,08. Data kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung < ttabel(0,404 < 2,000). Setelah diberikan perlakuan yang berbeda maka diperoleh nilai  postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,08 dan kelas kontrol 63,65. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 70,00  termasuk kategori aktif. Berdasarkan pengujian hipotesis data postes bahwa Ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 8 Medan T. P. 2012/2013.
Kata Kunci: quasi eksperimen, pembelajaran berdasarkan masalah
Penulis: Tetty Ompusunggu, Togi Tampubolon
Kode Jurnal: jpfisikadd140197

Artikel Terkait :