PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA

ABSTRAK: Tak ada orang berpendidikan yang tidak mengenal teknologi, mulai dari yang sederhana sampai dengan teknologi yang spektakuler sekalipun. Pemanfaatan teknologi sangatlah penting dan menjadi tonggak utama dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang ini secara positif sangat membantu kita untuk melakukan aktifitas pendidikan maupun didunia kerja.Bahkan dengan teknologi bisa menjangkau seluruh jaringan internasional dan mendapat informasi-informasi yangbelum kita ketahui sekalipun.Wawasan menjadi sangat luas dengan adanya teknologi. Pemikiran menjadi lebih cemerlang untuk menciptakan suatu ide-ide maupun inovasi baru.
Tapi sangat disayangkan. Teknologi yang canggih dan spekakuler itu itu dimanfaatkan pada tempatnya, melainkan melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Teknologi itu digunakan tanpa memiliki moral dan tak takut dengan Tuhan. Mungkin banyak diantara kaum muda sekarang ini menjadikan teknologi sebagai "tuhannya" yang dapat menghasilkan dolar yang melimpah.
Kita lihat saja banyaknya kasus yang terjadi di negeri ini akibat penguasaan teknologi yang dimanfaatkan untuk hal-hal tak bermoral. Salah satunya yaitu sistem perakitan bom. Sungguh ironis, teknologi yang mungkin didapat dari negara lain tapi dijadikan petaka di Indonesia
Keyword: teknologi, pemanfaatan, pelestarian budaya
Penulis: Debora Hilderia Marbun
Kode Jurnal: jpantropologidd140014

Artikel Terkait :