PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA SEMANGKO KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Desa Semangko Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara dan faktor-faktor penghambat yang dihadapi
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan seperti Observasi (pengamatan), Interview (Wawancara), Dokumentasi. Fokus penelitian ada 4 yaitu Pengumuman pelaksanaan pemilihan kepada masyarakat, Pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, Penetapan hasil pemungutan suara sebagai calon terpilih dengan berita acara dan Faktor penghambat dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa. Sumber data diperoleh dengan   menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan analisis data model interaktif.
Hasil  penelitian  ini  dapat  diketahui  bahwa  pada Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Desa Semangko Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara telah berjalan sesuai dengan tata cara pelaksanaan pilkades yang ada di dalam perundang-undangan. Tahap-tahap yang ada telah dilaksanakan berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam perundang-undangan yang berlaku dan sesuai pula dengan asas atau prinsip demokrasi pancasila yang bersifat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. Namun, meskipun pelaksanaannya sudah sesuai dengan perundang-undangan, tetapi pelaksanaan pilkades tersebut belum berjalan sepenuhnya secara efektif maupun efisien. Dikarenakan masih ada masyarakat yang tidak mendapat DPT serta Kurangnya bilik suara tempat melakukan pencoblosan.
Kata Kunci: Pemilihan Kepala Desa dan Kepala Desa
Penulis: Saleha
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd140326

Artikel Terkait :