PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperimental  dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Piyungan yang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas Xc berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas Xd berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawabhipotesis menggunakan uji t. Sebelum pengujian hipotesis data diuji mengunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan tersebut bisa ditunjukkan dari nilai thitunglebih besar dari ttabel (5,996 > 2,009) dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai taraf signifikansi (0,000 < 0,05), maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajar mean posttest kelas kontrol sebesar 71,8 dan kelas eksperimen sebesar 83,1, menunjukkan selisih perbedaan hasil belajar mean posttest sebesar 11,3.
Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar
Penulis: Ryan Christano
Kode Jurnal: jptinformatikadd130094

Artikel Terkait :