HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TERHADAP PERILAKU MOBILISASI DINI PADA PASIEN AMI DI RUANG ICU RSUD UNGARAN

Abstract: Tingkat kekambuhan pada pasien AMI dapat berkurang dengan adanya mobilisasdini, pengetahuan dan konseling untuk pasien AMI, seperti memberikan dukungan dan informasikepada pasien dan keluarganya tentang penyakit jantung, memberi semangat pasien untuk taaterhadap program aktivitas dirumah dan program berjalan, program edukasi dan memberi semangatterhadap pasien dan pasangannya untuk patuh terhadap program latihan di rumah sakit, sertadukungan dari anggota keluarga untuk membantu perubahan sikap dan perilaku hidup pasien AMI. 
Tujuan penelitian: Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikappasien terhadap perilaku mobilisasi dini pada pasien AMI di ruang ICU RSUD Ungaran. 
Metode penelitian: Metode yang digunakan adalah analitik dengan rancangan cross sectionalPopulasi dan sampel adalah semua pasien Akut Miokard Infark di ruang ICU RSUD Ungaran  sebanyak 60 pasien dengan teknik total sampling. 
Hasil penelitian: Hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan tentang mobilisasi dini sebagianbesar cukup sebanyak 26 responden (43,3%). Sikap pasien tentang mobilisasi dini sebagian besarcukup sebanyak 27 responden (45,0%). Perilaku mobilisasi dini sebagian besar tidak melakukan sebanyak 32 responden (53,3%). Ada hubungan antara tingkat pengetahuan pasien AMI terhadapperilaku mobilisisasi dini pada pasien AMI di ruang ICU RSUD Ungaran (pvalue=0,000). Adahubungan antara sikap pasien terhadap perilaku mobilisasi dini pada pasien AMI di ruang ICU RSUDUngaran (pvalue=0,031). 
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku pasien AMI yang baik dalam melakukan mobilisasi dini pada kondisi yang stabil akan mengurangi tingkat kekambuhan.
Kata kunci: Tingkat pengetahuan, sikap, perilaku mobilisasi dini pada pasien AMI
Penulis: Cahyaning Wijayanti, Yunani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130185

Artikel Terkait :