SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLINIS UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT TULANG

Abstrak: Penyakit  Tulang  merupakan  salah  satu  penyakit  yang  frekuensi  kejadian  tinggi  di Indonesia.  Terbatasnya  jumlah  pakar  Penyakit  Tulang  serta  minimnya  pengetahuan masyarakat tentang penyakit tulang menjadi kendala mengapa penyakit ini tidak mudah diatasi. Banyaknya  gejala  yang  mirip  untuk  menentukan  suatu  penyakit  Tulang,  menyebabkan  Para medis harus berhati-hati dalam mendiagnosa, Agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan penyakit  tersebut.  Berdasarkan  permasalahan  tersebut,  maka  dibuat  suatu  aplikasi  komputer yang mampu untuk mendukung keputusan klinis bagi Para medis dalam mendiagnosa Penyakit Tulang pada manusia.
Pada penelitian ini, yang menjadi subyek adalah aplikasi Sistem Keputusan Klinis  untuk diagnosa  penyakit  tulang  pada  manusia.  Metode  pengumpulan  data  dengan  metode wawancara, dan study literature. Tahap pengembangan aplikasi meliputi perancangan, basis pegetahuan,  model  keputusan,  interface,  inference  engine,  pembuatan  diagram  alir  data, implementasi dan pengujian dengan metode  yang digunakan adalah black box test dan alpha test.
Dari  penelitian  yang  dilakukan  menghasilkan  sebuah  perangkat  lunak  Sistem Pendukung  Keputusan  Klinis  berbasis  web  untuk  diagnosa  Penyakit  Tulang  pada  manusia menggunakan  metode  certainty  factor.  Informasi  yang  dihasilkan  adalah  hasil  diagnosa penyakit berdasarkan gejala-gejala yang diinputkan user. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan sebagai alat bantu para medis Penyakit Tulang dalam mendiagnosa
Kata kunci: SPK Klinis , Penyakit Tulang, Certainty Factor
Penulis: Sri Winiarti
Kode Jurnal: jptinformatikadd120042

Artikel Terkait :