PENYEBAB TIMBULNYA KURANG PERCAYA DIRI

Penyebab Timbulnya Kurang Percaya Diri bermacam-macam. Sunarman (2008) menyatakan bahwa  kelemahan yang ada pada  diri seseorang, seringkali menjadi penyebab timbul atau hilangnya rasa percaya diri tiba-tiba. Misalnya  penampilan yang buruk, cacat  fisik, dan latar belakang pendidikan  yang  rendah. Selain  itu  perasaan  kurang  percaya  diri  terkait  erat dengan latar belakang kehidupan sejak kecil, terutama dalam proses pendidikan keluarga.
Istilah lain  dari kurang  percaya  diri  adalah  minder. Purnawan  (2009) mendeteksi  sejumlah  penyebab  minder  diantaranya:  
  1. Pengaruh  lingkungan, dimana  seorang  bisa  menjadi  minder  apabila  selalu  dilarang,  disalahkan,  tidak dipercaya,  diremehkan  oleh  lingkungannya
  2. Sering  diremehkan  dan dikucilkan  teman  sejawat
  3. Pola  asuh  orang  tua  yang  sering  melarang  dan membatasi kegiatan  anak
  4. Orang tua  yang selalu memarahi kesalahan  anak, tapi  tidak  pernah  member  penghargaan  apabila  anak  melakukan  hal  yang positif
  5. Kurang  kasih  saying,  penghargaan,  atau  pujian  dari  keluarga
  6. Tertular sifat orang tua atau keluarga yang minder
  7. Trauma kegagalan di masa lalu
  8. Trauma dipermalukan atau dihina di depan umum
  9. Merasa diri tidak berharga  lagi  karena  pernah  dilecehkan  secar  seksual
  10. Merasa  bentuk  fisik tidak sempurna
  11. Merasa berpendidikan rendah.
Sementara  itu  menurut  Ubaydillah  (2009)  menyatakan  ada  sejumlah pola asuh yang berpotensi mengancam munculnya kualitas mental yang disebut kurang percaya diri yaitu:
  1. Terlalu sering memberikan label negatif atau minor pada anak
  2. Terlalu sering memotong proses eksplorasi dan eksperiensi yang dilakukan anak dengan terlalu banyak atau terlalu cepat mengeluarkan larangan “jangan”
  3. Menciptakan  perbandingan  negative
  4. Terlalu  mengabaikan prestasi anak
  5. Memberikan ancaman dan rasa takut

Artikel Terkait :