FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR

Ada beberapa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Prestasi belajar merupakan hasil darisuatu proses yangdi dalamnya terdapat sejumlah faktor yang saling mempengaruhi, tinggi rendahnya prestasi belajar siswa tergantung pada faktor-faktor tersebut.
Moh. Uzer Usman dan Lilis Setiawati (1993), ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain:
Faktor yang berasal dari diri sendiri (internal)
  1. Faktor jasmaniah (fisiologi) baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh. Yang termasuk faktor ini ialah pancaindra yang tidak berfungsi sebagaiman mestinya, seperti mengalami sakit cacat tubuh atau perkembangan yang tidak sempurna, berfungsinya kelenjar tubuh yang membawa kelainan tingkah laku.
  2. Faktor psikologis, baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh, terdiri atas: faktor intelektif yang meliputi faktor potensial, yaitu kecerdasan dan bakat sertas faktor kecakapan nyata, yaitu prestasi yang dimiliki. Selain itu ada faktor nonintelektif yaitu unsur-unsur kepribadian tertentu seperti sikap, kebiasaan, minat kebutuhan, motivasi, emosi dan penyesuaian diri.
  3. Faktor kematangan fisik atau psikis.
Faktor yang berasal dari luar diri (eksternal)
  1. Faktor sosial yang terdiri atas; lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, lingkungan kelompok.
  2. Faktor budaya, seperti adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian.
  3. Faktor lingkungan fisik, seperti fasilitas rumah dan fasilitas belajar.
  4. Faktor lingkungan spiritual atau keagamaan.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa di sekolahnya sifatnya relatif, artinya dapat berubah setiap saat. Hal ini terjadi karena prestasi belajar siswa sangat berhubungan dengan faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Kelemahan salah satu faktor, akan dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam belajar. Dengan demikian, tinggi rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa di sekolah didukung oleh faktor internaldan eksternal seperti tersebut di atas.
Prestasi belajar biasanya dinyatakan dalam bentuk nilai rapor untuk siswa sekolah.Dari evaluasi atau tes inilah dapat dilihat terjadi atau tidaknya proses belajar dalam diriseseorang. Bila proses balajar bisa berjalan dengan baik, akan memperoleh hasil yang baik pula. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi pada umumnya merupakan hasil yang dicapai seseorang dalam suatu kegiatan evaluasi, melaui usaha terhadap penguasaan materi yang diperoleh selama proses pembelajaran.

Artikel Terkait :