TUJUAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia adalah untuk meningkatkan dukungan sumber daya manusia guna meningkatkan efektivitas organisasi dalam rangka mencapai tujuan.  Berdasarkan  Sihotang (2007),  tujuan-tujuan  manajemen sumber daya manusia tidak hanya terfokus pada pencapaian tujuan organisasi saja, akan tetapi termasuk pencapaian tujuan stakeholder  terhadap organisasi agar dapat dikelompokkan pada empat macam tujuan dari  manajemen sumber daya manusia yaitu: 
Tujuan Sosial Kemasyarakatan  
Yang dimaksud dengan tujuan sosial masyarakat agar organisasi bertanggung jawab secara sosial dan etik terhadap kebutuhan masyarakat  seperti program kesehatan lingkungan, program perbaikan sarana  lingkungan, dan program pelatihan ketrampilan. 
Tujuan Organisasional 
Bagian manajemen sumber daya manusia dibentuk dengan maksud membantu organisasi dalam rangka mencapai tujuan-tujuannya. Bagian sumber daya manusia dapat meningkatkan efektivitas organisasional dengan  cara-cara:
  1. Menyediakan tenaga kerja yang terlatih dan termotivasi dengan  baik
  2. Mendayagunakan tenaga kerja secara efisien dan efektif
  3. Mengembangkan dan mempertahankan kualitas kehidupan kerja  dengan dicapainya kepuasan kerja di perusahaan
  4. Perilaku organisasi sesuai dengan peraturan dan undang-undang ketenagakerjaan terhadap karyawannya terutama perlindungan  terhadap anak-anak para pekerja
  5. Mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan sumber daya manusia  kepada seluruh karyawan
Tujuan Fungsional 
Dimaksudkan untuk mempertahankan andil manajemen sumber daya manusia pada tingkatan yang sesuai  dengan kebutuhan organisasi. Bagian manajemen sumber daya manusia harus mampu melakukan pendekatan manajemen untuk mempertahankan  orang-orang terbaik perusahaan agar tidak meninggalkan organisasi sampai  pada usia pensiun dan juga harus mampu berfungsi sebagai penguji realitas bila manajer lini mengajukan gagasan baru untuk perluasan investasi perusahaan.
Tujuan Pribadi Para Pekerja 
Manajemen sumber daya manusia harus mampu mengidentifikasikan pencapaian tujuan organisasi dengan pencapaian tujuan pribadi setiap orang yang bekerja di perusahaan itu. Semakin maju organisasi maka semakin baik tingkatan kesejahteraan tiap karyawan. Tujuan tidak dicapai tanpa adanya sumber yang diperlukan, termasuk sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia harus merupakan bagian dari proses yang menentukan apa yang diperlukan oleh manusia, bagaimana menggunakan manusia, bagaimana memperolehnya, dan bagaimana mengatur mereka. Semua itu ada di dalam aktivitas manajemen sumber daya manusia.

Artikel Terkait :