PENGERTIAN HEWAN MAMALIA

Ada beberapa pengertian hewan mamalia. Mamalia muncul di bumi secara tiba-tiba tanpa nenek moyang apapun. Bahkan, para evolusionis tidak memiliki penjelasan atas asal-usul kelompok mamalia yang berbeda-beda. Teori evolusi mengemukakan bahwa sejumlah makhluk yang diduga pernah ada, keluar dari laut dan merubah diri mereka menjadi reptil, dan burung terbentuk dari evolusi reptil-reptil tersebut. Menurut skenario yang sama, reptil bukan saja menjadi nenek moyang burung, tetapi juga mamalia. Namun, terdapat jurang pemisah yang besar antara reptil dan mamalia dilihat dari struktur tubuh keduanya. Di satu pihak reptil bersisik, berdarah dingin dan berkembang biak dengan bertelur. Sedangkan di pihak lain, tubuh mamalia tertutup rambut, berdarah panas, dan berkembang biak dengan melahirkan anaknya.
Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas". Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang beruang empat. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai. Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial)
Gigi mamalia umumnya terdapat berbagai 4 tipe, gigi seri, taring, premolar dan molar. Dibanding dengan kondisi vertebrata lainnya, jumlah tulang tengkorak mamalia banyak yang tereduksi. Ada 2 kondil oksipital. Vertebrata servikal biasanya da 7 buah. Dalam sabuk pectoral tidak terdapat tulang korakoid, dan klavikula vestigial atau tidak ada sama sekali. Ekor, jika ada panjang dan dapat digerakkan.contoh mamalia,
Hewan mamalia adalah hewan kelas avertebrata yang salahsatunya mempunyai ciri-ciri mempunyai kelenjar susu. Itulah sebabnya hewan mamalia disebut juga hewan menyusui, karena fungsi kelenjar susu tersebut berguna untuk menyusui anaknya. Hewan mamalia mempunyai banyak sekali jenisnya yang ada di bumi ini. Kebanyakan hewan mamalia hidup di darat namun ada juga hewan mamalia air, contoh hewan mamalia air lumba-lumba.
Mamalia adalah sekelompok organisme yang bertulang belakang, berdarah panas dan menyusui atau memiliki kelenjar mamae. Mamae — mamalia, mulai terlihat hubungannya bukan? Ciri-ciri khusus yang membedakan golongan mamalia dengan hewan lain seperti unggas dan reptil adalah rambut (bedakan dengan bulu yang hanya dimiliki unggas), tiga tulang telinga tengah, kelenjar susu pada mamalia berkelamin betina dan memiliki neocortex pada otak mereka. Otak pada hewan mamalia mengatur peredaran darah, termasuk ke dalam jantung dibagi menjadi 4 ruang; dan juga suhu tubuh mereka. Hewan terbesar di dunia yaitu Paus dan hewan tercerdas di dunia yaitu primata termasuk dalam golongan mamalia.
Jenis Hewan Mamalia
Sebenarnya cukup sulit untuk bisa menjelaskan detail macam-macam mamalia secara singkat. Sebab, coba bayangkan, ada kurang lebih 5000 genus di dalam kelompok mamalia. Dari 5000 ini masih dibagi lagi menjadi puluhan bahkan ratusan ribu spesies yang berbeda. Melelahkan bukan jika ingin dibahas satu persatu. Namun secara ilmiah agar lebih ringkas, mamalia digolongkan ke dalam sepuluh ordo yang berbeda. Di antaranya:
  1. Ordo Artiodactyla yang meliputi sapi, domba, kerbau, babi, kambing, jerapah, dll.
  2. Ordo Proboscidea yang meliputi gajah.
  3. Ordo Carnivora yang meliputi singa, harimau, anjing, kucing, beruang, musang, dll.
  4. Ordo Rodentia yang meliputi tikus, hamster, marmut, dll.
  5. Ordo Lagomorpha yang meliputi kelinci dll.
  6. Ordo Cetacea yang meliputi paus dan lumba-lumba.
  7. Ordo Sirenia yang meliputi dugong, sapi laut, dll.
  8. Ordo Monotremata yang meliputi platipus, echidna.
  9. Ordo Perissodactyla yang meliputi zebra, badak, kuda, tapir, dll.
  10. Ordo Primata yang meliputi gorila, simpane, orangutan, dll.

Artikel Terkait :