PENGERTIAN FLUKTUASI

Ada beberapa pengertian fluktuasi. Dalam perdagangan internasional digunakan lebih dari satu mata uang. Hal tersebut dapat menimbulkan risiko fluktuasi antar nilai mata uang tesebut. Menurut Surya, Yohanes (2007) Fluktuasi adalah perubahan naik atau turunya suatu variabel yang terjadi sebagai akibat dari mekanisme pasar. Secara tradisional fluktuasi dapat diartikan sebagai perubahan nilai. Pengertian fluktuasi adalah lonjakan atau ketidaktetapan segala sesuatu yang bisa digambarkan dalam sebuah grafik. Contohnya seperti fluktuasi harga barang, guncangan atau fluktuasi dalam pengukuran gelombang listrik, dll.
Definisi fluktuasi atau pengertian fluktuasi adalah lonjakan atau ketidaktetapan segala sesuatu yang bisa digambarkan dalam sebuah grafik. Contohnya seperti fluktuasi harga barang, guncangan atau fluktuasi dalam pengukuran gelombang listrik, dll.
Naik turunnya harga (fluktuasi) dan tingkat harga dari produk-produk pertanian dilihat dari kenyataan-kenyataan yang berlangsung di masyarakat, dengan adanya patokan harga dari pemerintah telah dapat dikendalikan dengan baik, dimana naik dan turunnya itu serta tingkatannya hanya berkisar di antara harga patokan tersebut. Dalam penetapan harga kita banyak belajar dari pengalaman, tata niaga pada masa liberal sering memberi kesempatan pada para produsen untuk mengemukakan harga minimum atas produknya,ini berarti bahwa para pedagang akan mengatur sendiri harga yang akan diterapkan pada produk yang akan diperdagangkannya dengan memperhitungkan pengeluaran-pengeluaran biaya (angkutan, jasa perantara, biaya administratif, dan lain-lain ) di tingkat grosir dan di tingkat pedagang eceran mengundang persaingan di antara para pedagang eceran.
Berdasarkan pengertian fluktuasi tersebut diatas dapat penulis simpulkan bahwa fluktuasi adalah suatu perubahan variabel tertentu yang umumnya terjadi karena mekanisme pasar. Perubahan itu dapat berupa kenaikan atau penurunan nilai variabel tersebut.

Artikel Terkait :