ADAM SMITH (TOKOH EKONOMI DUNIA)

Adam Smith adalah salah satu tokoh ekonomi yang menjadi populer dengan beberapa teorinya. Nama lengkapnya adalah John Adam Smith, Lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 dan meninggal di Edinburgh, Skotlandia, tanggal 17 Juli 1790 pada umur 67 tahun. Adam Smith menganut Sistem ekonomi kapitalisme.
John Adam Smith adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern dikenal juga dengan sebutan bapak ekonomi versi barat
Karya – karya:
  1. The Theory of Moral Sentiments (1759)
  2. An Inquary Into Nature and Causes of The Wealth of Nations  (1776) 
  3. Essays on Philosopical Subject (diterbitkan setelah  1795) 
  4. Lectures on Jurisprudence
John Adam Smith lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 dan wafat di Edinburgh, Skotlandia. Beliau adalah seorang filusuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Pada umur 13, Adam Smith memasuki Universitas Glasgow, dimana dia belajar filosofi moral dibawah Francis Hutcheson. Disini, Adam Smith mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat. Tahun 1740 dia dianugrahi Snell exhibitin dan memasuki Kampus Ballil, Oxford, karena William Robbert Scott berpendapat negative akan Universitas Oxford makan Adam Smith meninggalkan kampus itu pada tahun 1746.
Smith pernah menulis sebuah buku yang sangat terkenal dalam dunia ekonomi yang berjudul “The Wealth Of Nation” (1776). Dalam buku ini ia menyatakan bahwa kemajuan manusia dan tatanan sosial suatu masyarakat akan tercipta apabila setiap individu yang ada di dalamnya mengejar kepentingannya sendiri-sendiri.
Adam Smith percaya bahwa sikap individualistis yang dipicu oleh kepentingan pribadi akan menciptakan tatanan dan kemajuan. Ia menyatakan bahwa untuk memperoleh uang manusia atau produsen akan memperoleh barang dan jasa tertentu. Sedangkan konsumen akan membeli barang atau jasa yang paling mereka butuhkan.
Ketika produsen dan konsumen bertemu, maka terciptalah pasar dan dengan terciptanya pasar maka terbentuklah pola produksi yang akan menciptakan suatu keseimbangan social (Social harmoni) dan keseimbangan sosial ini tercipta tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.
Tidak adanya campur tangan dari pemerintah ini disebut tangan yang tak terlihat (invisible hand). Smith menyatakan bahwa manusia adalah homo economicus yang selalu ingin memuaskan dirinya sendiri.
Tahun 1783 dia menjadi salah satu pendiri Royal Society of Edinburgh dari tahun 1787-1789 dia mendapat kehormatan Lord Rektor Universitas Glasgow. Dia meninggal di Edinburgh pada 17 Juli 1790 karena sakit keras dan dimakamkan di Canogatw Kirkyard.
Teori – teori Adam Smith
Teori keunggulan mutlak (theory of absolute advantage)
merupakan teori yang dikemukakan oleh Adam Smith. Menurutnya, suatu negara dapat disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain.
Teori klasik (absolute advantage)
Menurut teori klasik AdamSmith, suatu negara akan memperoleh manfaat perdagangan  internasional (gain fromtrade) dan meningkatkan kemakmurannya bila:
  • Terdapat free trade (perdagangan bebas)
  • Melakukan spesialisasi berdasarkan keunggulan absolute (absolute advantage) yang dimilikinya      
Teori invisible hand
Smith juga memiliki tiga karakteristik dimana karakter-karakter itu yang nantinya akan memobilitasi laju ekonomi pasar. Diantaranya adalah, kepentingan, kebebasan diri, dan kompetisi. Tiga pilar penting ini akan menciptakan suatu sistem unik, dimana laju ekonomi dengan sendirinya tertata, Adam Smith menyebutnya dengan ”invisible hand”.
Jadi menurut Smith dengan teori teorinya ialah bahwa campur tangan pemerintah yang sangat minimal dapat mempercepat laju ekonomi.

Artikel Terkait :