ANALISA DAMPAK FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP DEVIDEN KAS (Studi Kasus di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Abstrak: Penelitian yang dilakukan dalam penyusunan laporan kolaborasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable independen, yaituCurrent Ratio (CR), Return On Investment (ROI), Total Assets Turn Over (TATO), danEarning Per Share (EPS) secarabersama-sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variable dependennya, yaitu Deviden Kas (Cash Dividend). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan di Pojok Bursa Efek Indonesia yang berada di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam hal ini yang menjadi obyek penelitiannya adalah sejumlah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2006 sampai tahun 2008 yang dipilih berdasarkan criteria tertentu. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur pada Bursa Efek Indonesia yang diperoleh dari pojok BEI Universitas Muhammadiyah Surakarta. Analisa dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan menggunakan teknik statistic dengan mengolah data-data yang sudahada untuk membuktikan hipotesis penelitian yang diajukan sebelumnya, yaitu faktor-faktor fundamental perusahaan manufaktur yang dijadikan sampel. Dan alat analisis yang digunakan dengan menggunakan metode regresi linier berganda, Uji-t Uji-F sertaKoefisienDeterminasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang AnalisaDampakFaktor–faktor Fundamental Perusahaan (Current Ratio, ROI, TATO dan EPS) Terhadap Deviden Kas pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) diperoleh hasil bahwa Current ratio, return on investment, total assets turn over danearning per share secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap deviden kas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Return on investment, total assets turn over danearning per share secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap deviden kas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, sedangkancurrent ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap deviden kas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Return on investment merupakanfaktor yang paling dominan berpengaruh terhadap deviden kas pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci: Current Ratio (CR), Return On Investment (ROI), Total Assets Turn Over (TATO), Earning Per Share (EPS) dan deviden kas
Penulis: Widoyono dan Mita Kusnendar Putri
Kode Jurnal: jpmanajemendd110117
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini.... >>> KLIK DISINI <<<
Atau download gratis di bawah ini:

Artikel Terkait :